Breaking News

Pasang Iklan Disini

Harga Jengkol Rp 70 Ribu/Kg



Lihat Berita - KUNINGAN – Tingginya harga daging ayam yang kini mencapai Rp40.000 perkilogram, ternyata masih kalah dengan jengkol yang kini sudah mencapai Rp 70.000 per kilogram. Sudah sebulan ini harga komoditi sayuran berbau menyengat tersebut meroket hingga hampir tiga kali lipat dari harga normal. Penyebabnya, akibat kekosongan pasokan yang selama ini didatangkan dari daerah Sumatera.

Seperti diungkapkan Uum pedagang sayuran di Pasar Kepuh Kuningan, kenaikkan harga jengkol terbilang cukup cepat. Bahkan, mahalnya harga jengkol saat ini melebihi pada saat Lebaran kemarin yang di kisaran Rp 40.000 per kilogram.

“Hanya jeda dua hari, kenaikkan harga jengkol bisa langsung mencapai Rp10.000. Dari saat Lebaran hanya Rp 40.000 sekarang sudah mencapai Rp 70.000 per kilogram,” ujar Uum kepada Radar, kemarin.

Kenaikan harga jengkol ini, kata Uum, praktis berdampak pada menurunnya penjualan dibanding pada saat harganya sedang normal. Bahkan, dua kilogram jengkol yang dipajang di kiosnya pun masih bertahan dua hari tak ada pelanggannya yang mau beli. “Biasanya sehari bisa menjual paling sedikit 5  hingga 10 kilogram. Sekarang mah boro-boro, sudah dua hari stok 2 kilogram di depan masih utuh,” ujar Uum.

Menurut Uum, langkanya jengkol di pasaran disebabkan karena faktor cuaca yang tidak menentu sehingga pohon jengkol banyak yang tidak berbuah. Di daerah Sumatera sebagai pemasok terbesar jengkol, kata Uum, dikabarkan tengah kekosongan stok karena banyak perkebunan penghasil jengkol yang tidak menghasilkan.

“Karena dari perkebunannya saja sudah kosong, maka stok yang tersisa jadi mahal. Saya saja sudah beberapa hari tidak ada kiriman, dan yang dijual ini adalah stok sisa beberapa minggu yang lalu,” ujarnya.

Namun demikian, Uum mengaku masih saja ada beberapa pelanggannya yang membeli jengkol sekalipun harganya sudah selangit. Meski sempat terjadi adu tawar yang cukup alot, namun akhirnya konsumen tersebut tetap membeli jengkol tersebut sesuai harga yang disepakati.

“Kalau yang sudah hobi mah susah. Sekalipun harganya mahal, tetap saja dibeli,” pungkas Uum.

sumber :
https://www.radarcirebon.com/harga-jengkol-rp-70-ribu-kg.html

No comments:

Post a Comment

Adbox