Breaking News

Pasang Iklan Disini

Kota Cirebon Inflasi Tertinggi di Jabar

Sejak awal tahun, Kota Cirebon mengalami inflasi terendah dari rata-rata kabupaten/kota di Jawa Barat


Lihat Berita, CIREBON – Sejak awal tahun, Kota Cirebon mengalami inflasi terendah dari rata-rata kabupaten/kota di Jawa Barat. Namun setelah Idul Fitri, justru mengalami inflasi tertinggi di Jabar.

Pada Juni 2018 Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,69 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 129,09. Dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat semua kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Depok dan Cirebon (0,69 persen), sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Bekasi (0,17 persen).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon, Joni Kasmuri mengungkapkan, dari tujuh kelompok pengeluaran, enam kelompok pengeluaran mengalami inflasi dan satu kelompok mengalami deflasi. Kelompok bahan makanan mengalami inflasi sebesar 1,81 persen. Kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,23 persen.

Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami deflasi sebesar 0,17 persen, kelompok sandang mengalami inflasi 0,22 persen. Kelompok Kesehatan mengalami inflasi 1,40 persen.

Kemudian kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga mengalami inflasi sebesar 0,35 persen, dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan mengalami inflasi sebesar 1,27 persen. “Kelompok yang memberikan andil inflasi terbesar adalah bahan makanan, sedangkan subkelompok yang memberikan andil inflasi terbesar adalah transportasi,” ungkapnya.

Selama Januari sampai dengan Juni, komoditas penyumbang inflasi/deflasi didominasi oleh volatile food dan administered price. Volatile food yang menyumbang angka inflasi diantaranya beras, daging ayam ras, bawang merah, telor ayam ras, cabai rawit, dan cabai merah. Sedangkan administered price andil inflasi disumbang oleh bahan bakar minyak (BBM).

SUMBER :
https://www.radarcirebon.com/kota-cirebon-inflasi-tertinggi-di-jabar.html

No comments:

Post a Comment

Adbox